728x90 AdSpace

Latest News

Sabtu, 10 Januari 2015

Situasi dan kondisi terakhir paska penembakan dan pembakaran rumah warga di timika tembagapura kampung BANTI I saat ini.



Situasi  di Timika tembagapura,sampai saat ini belum aman kemudian.Semua masyarakat orang asli papua (OAP) baik itu laki-laki perempuan,maupun anak-anak kecil yang mau melintas atau lewat menyebrang ke kampung mereka yang terletak di kali kabur dan banti  semuanya di periksa satu persatu oleh petugas keamanan Indonesia TNI,POLRI BRIMOB dan lain-lain. Kemudian semua barang-barang  yang dibawah oleh rakyatpun di periksa dan Terlebih khusus petugas memeriksa laki-laki yang melintas dan menanyakan maksud dan tujuan mereka kemana ,jika mereka membawah tas ransel maka tas tersebut akan di periksa oleh TNI, dan POLRI....
Kemudian Mama yang asal kampungnya dari Banti II  Mengatakan kejadian pembakaran mulai  hari selasa  pada jam 08: 16:00 anggota TNI-POLRI NKRI bakar Rumah2 Masyarakat  yang tidak bersalah. aparat Gabungan TNI,POLRI  melakukan semua rumah-rumah rakyat asli kampung  banti II di bakar habis dan orang asli papua yang tinggal di kampung tersebut, sebagian keluarga  takut sehingga, mereka lari ke hutan dan sementara ini mereka  tinggal di hutan dan tidak bisa  keluar..kemudian mama dari kampung banti II tersebut juga mengatakan bahwa : kami ini orang asli di tembagapura  kami pemilik negri dan pemilik tanah ini tapi TNI, POLRI dan semua kulit putih/ melayu pendatang ini yang membuat kami tersiksa dengan semua tindakan mereka Ujar mama papua Banti II.
Menurut keterangan seorang pemuda yang  tinggal di kali kabur Bahwa : Masyàrakat yang tinggal di kampung BANTI  I sebagian besar telah di pulangkan ke timika menggunakan 6 bis dan sebagian besar masih berada di hutan  karena trauma /takut  kemudian Aparat gabungan keaman masih bersiaga di kampung BANTI I di halaman rumahnya yang  telah di bakar.         
 Kondisi terakhir pada 10 januari 2015 jam 03:00 wpb kemarin adalah masyarakat yang tinggal di kali kabur dan BANTI II mereka  tinggal dengan rasa ketakutan karena TNI POLRI terlalu melebihi aturan mereka...lalu, tempat kejadian di kampung BANTI 1 di buka posko oleh keamanan anggota TNI dan POLRI.  Semua ternak- ternak,Pemeliharaan seperti Babi,Ayam,Bebek.Kambing, dan lain-lain berkeliharan di jalan kemudian  masyarakat  asli setempatpun demikian  dan sementara masyarakat takut beraktivitas..
 Info terakhir yang di peroleh aparat gabungan  densus 88 dan TNI menggunakan 3 buah bis pada jam 03:00 (subuh)  masuk ke hutan dan melakukan pengejaran terhadap masyarakat sipil yang ada lari menyembunyi diri di hutan kemudian  paginya melakukan pemeriksaan terhadap rakyat asli setempat  dan cara ini mereka lakukan secara pergantian shif dengan yang lainnya..
Demikian situasi dan kondisi di tembagapura saat ini.
                                                   Berikut foto-foto setelah di bakar.

                                      
                                      

                                                              Rakyat mengungsi.
 


                                     
                                       
Situasi dan kondisi terakhir paska penembakan dan pembakaran rumah warga di timika tembagapura kampung BANTI I saat ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top